Judul Buku: Result
Management
Penulis: Ong Teong Wan
Penerbit: Wiley, 2010
Jumlah Halaman: 166 halaman
Kalau ada buku manajemen yang ditulis berdasarkan praktek
yang ditekuni oleh seorang konsultan manajemen
yang tidak berdasarkan konsep
atau teori yang ada di teksbook yang di ajarkan di perkuliahan tetapi
berdasarkan pengalaman panjang penulisnya membantu perusahaan perusahaan besar
dunia untuk berkinerja yang baik, maka buku ini adalah salah satunya.
Management Result ditulis oleh Ong Teong
Wan ketika telah menekuni profesi
sebagai konsultan manajemen selama puluhan tahun. Buku yang ditulis pada tahun 2010 dan
diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia pada tahun 2012 ini memang berbeda dari
buku manajemen yang mungkin kita kenal saat ini. Seperti yang dituliskannya
sendiri dalam kata pengantar bahwa buku ini adalah buku pragmatis yang akan
memperkuat organisasi untuk meningkatkan kinerj karyawannya. Walaupun pagmatis
tetapi ide yang disampaikannya cukup mendasar bagi pegelolaan bisnis dan
merupakan hasil pemikiran yang serius
Sebagai seorang konsultan, Ong Teong Wan dituntut untuk senantias berpikir
untu memberikan solusi bagi perusahaan agar kinerjanya bisa semakin meningkat.
Mengetahui kondisi perusahan saat ini, kemudian merumuskan formulasi solusi dan
menyusun rencana implementasi sekaligus monitoringnya adalah aktivitas yang
setiap saat dilakukan. Di awal buku ini dijelaskan bahwa bagaiaman dia begitu
terinspirasi terhadap kata bijak yang di abaca pada dinding salah satu perusahaan
yang dia tangani. Kata-katanya adalah sebagi berikut, bahwa banyak perusahaan yang memiliki visi,
misi, dan strategi yang hebat tetapi hasil yang dicapai nantinya terganting
pada implementasi strategi tersebut. Seringkali perusahaan berusaha keras untuk
merumuskan strategi yang dipikirnya memiliki daya beda dengan organisasi lain,
tetapi ketika diimplementasikan tetap saja kalah dengan pesaing tersebut.
Tetapi ada juga perusahaan yang memformulasikan strategi secara umum saja
seperti kebanyakan perusahaan lain, tetapi kemudian mencoba mengkontekstualisasikannya
ke dalam tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dan kemudian diimplementasilakknay
dengan lebih baik dibanding pesaing, maka
hasil yang di dapat akan jauh lebih baik. Itulah kuncinya!
Untuk mengiplementasi strategi dengan lebih baik maka pPaling
tidak ada empat (4 ) hal yang perlu diperhatikan dan akan menjadi sumber pembeda
sebuah perusahaan dalam mengimplementasikan strateginya. Pertama adalah nilai-nilai
perusahaan (values), sesuatu yang dianggap baik yang diyakini akan selalu ada
di dalam organisasi baik dalam kondis apapun dan kapanpun. Kedua adalah
Struktur organisasi, bagianbagian organisasi yang saling terkait untuk
menggerakkan proses bisnis perusahaan. Ketiga adalah proses bisnis, rantai
nilai yang setiap tahapannya memberikan kontribusi pada pertambahan nilai
produk yang dihasilkan sehingga profit yang dihasilkan meningkat. Dan yang keempat
adalah sistem manajemen. Yang penting untuk digarisbawahi adalah poin yang
nomor empat yakni sistem manajemen. Karena dengan siistem manajemen maka akan
mengikat ketiga factor lainnya sehingga dapat meningkatkan keberhasilan
perusahaan.
Nilai-nilai perusahaan I(values) mungkin bagi sebagian orang
di perusahaan adalah sesuatu yang mengawang-awang, tetapi jika nilai-nilai
tersebut benar-benar digali dari dalam diri organisasi dan memiliki arti nyata dalam kehidupan
berorganisasi maka mereka akan mengetahui
bahwa nilai-nilai tersebut benar-benar mengikat orang-orang, dan
merupakan sumber kehidupan organisasi tersebut. Nilai-nila tersebut yang akan
menjadi roh dalam struktur organisasi yang akan memberikan karakter dari
organisasi tersebut. Struktur organisas yang dijiwai oleh nilai-nilai terseut
yang akan menggerakkan proses bisnis yang diyakini akan dapat meningkatkan
profit perusahaan dimasa yang akan datang. Kemudian sistem manajemen akan
menghubungkan sistem nilai, relasi kerja antar fungsi dalam organisasi, dan
proses penyampaian barang dan jasa sehingga dapat sampai ke tangan konsumen
dengan baik dan memuaskan. Inilah yang disebut manajemen hasil
Ide mengembangkan sistem manajemen hasil dalam buku ini
berasal dari konsep Total Quality Manajemen (TQM) yakni Plan, Do, Check,
Action. Hal ini dikemukakan sendiri oleh
penulis buku ini ketika suatu saat bertemu di Singapura. Cukup simple
bukan? Sebuah konsep yang diinspirasi
dari prose continuous improvement. Dalam penerapannya, ketika focus strategi
tahun ini adalah ingin menumbuhkan bisnis maka kemudian akan dilihat proses
deliveri produk pada setiap again, apakah ada masalah atau sudah ada insiasi
untuk mendukung implementasi strategi tersebut? Jika sudah ada insiasi maka
setiap divisi akan mengimplemetasikan inisiatif tersebut melalui sistem
deliveri produk dan sistem manajemen. Setiap divisi dan departemen akan
menentukan target untuk mendukung focus tahuan tersebut. Sebagai contoh bila
fokusnya adalah menurunkan biaya operasional sebesar 10 persen untuk tahun itu,
maka setiap divisi dan departemen akan mengidentifikasi beberapa kegiatan yang
bisa dihemat dan mementukan target sehingga bisa berkontribusi terhadap
penurunan biaya operasional secara keseluruhan.
Setelah ditetapkan kegiatan dan targetnya maka dalam periode
tertentu kemudian dilakukan pengukuran kinerja. Yaitu aktivitas membandingkan
antara target yang telah ditetapkan dengan realisasi pencapaian. Dalam periode
tertentu, biasanya satu tahunan maka akan dilakukan evaluasi kinerja dan
disusul dengan reviu. Hasil penilaian kinerj ayang dilakukan dalam periode
terteu tersebut kemudian ditabulasi dan di akhir tahun akan evaluasi sejauhmana
pencapaian target yang bergasil dicapai dan kemudian dilakukan reviu melalui
pemberian konseling, pembinaan dan peningkatan motivasi. Setelah diketahui
pencapaian kinerjanya maka langkah selanjutnya adalah pemberian penghargaan
atau reward bagi karyawan. Pemberian
reward dapat berupa bonus, ataupun rekomendasi untuk masuk dalam talent
management.
Menarik bukan? Buku ini akan lebih usefull jika perusahaan telah memiliki rencana
jangka panjang atau strategic plan. Karena dengan bantuan strategic pan
tersebut maka focus strategi dala setiap tahun akan lebih mudah untuk
diidentifikasi penjelasan yang lebih rinci
ada dalam setiap bab yang ada. Berbagai macam ilustrasi dan contoh
kertas kerja yang ada dalam buku ini menjadi tambahan keunggulan karena menjadi
lebih mudah dipahami dan dipraktikkan untuk mengungkit kinerja bisnis Anda.
Muhammad Hamdi
No comments:
Post a Comment